Rabu, 11 Juni 2008

Instalasi Aplikasi di Backtrack

Berhubung ada permintaan cara installasi program di Backtrack2, maka disini saya akan menuliskan tutorialnya, namun berhubung untuk program Openoffice filenya berukuran besar ( , maka saya memilih XMMS untuk di jadikan sebagai contoh…cara installasinya tidak berbeda jauh, versi yang saya gunakan adalah versi 1.2.10 yang sudah saya coba dan berjalan dengan baik ( belum tentu semua program berjalan baik di Backtrack2 ini ). Mari kita menuju tahapan installasi :
Download modul XMMS dari situs Slax, saya mendapatkannya disini, pindahkan hasil download tersebut, pada tutorial ini saya menyimpan file XMMS_X_MultiMedia_System_1_2_10.mo pada direktori /home/anonymous.Selanjutnya, buatlah folder dimana hasil akhirnya berada, saya melakukan ini agar setelah proses selesai tidak perlu repot mencari lagi ))

bt ~ # mkdir -p slax_modules/application/XMMS-1.2.10

Lakukan convert file ber-ekstensi *.mo ( Slax 5 module ) ke ekstensi *.lzm ( SLAX 6 Modules )

bt ~ # mo2lzm XMMS_X_MultiMedia_System_1_2_10.mo XMMS_X_MultiMedia_System_1_2_10.lzm

Ekstrak hasil convert tersebut ke direktori yang telah kita buat sebelumnya :

bt ~ # lzm2dir XMMS_X_MultiMedia_System_1_2_10.lzm slax_modules/application/XMMS-1.2.10

Note :
Selain melalui konsole, Anda juga dapat meng-ekstrak file XMMS_X_MultiMedia_System_1_2_10.lzm
dengan melakukan klik kanan pada file tersebut dan pilih “Extract Slax Module…“.

Buka Konqueror dan masuk ke direktori /home/anonymous/slax_modules/application/XMMS-1.2.10, Anda akan menemukan folder usr disana, masuk ke folde usr kemudian copy-paste saja semua folder yang ada di sana ke direktori /usr, apabila muncul peringatan…”Folder Already Exists” pilih saja “Overwrite All” untuk menimpa semuanya. Untuk menjalankan XMMS, buka K menu >> Multimedia >> XMMS.

Tidak ada komentar: